oleh

Handphone Kamu Hilang? Berikut 10 Aplikasi untuk Melacak HP yang Hilang atau Dicuri

TOPKLIKNEWS.COM | Pernahkah kamu mengalami kehilangan handphone Android milikmu, entah itu hilang karena dicuri ataupun tertinggal di suatu tempat. Tentunya jika itu terjadi pasti akan sangat membuamu gelisah.

Nah, sebelum hal itu terjadi menimpa kita, ada bagusnya kamu juga mempersiapkan supaya mudah mengetahui keberadaan smartphone kamu dengan cara membaca artikel ini.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas berbagai macam aplikasi keamanan dan aplikasi untuk melacak android yang hilang. Jadi ada baiknya kamu instal dulu aplikasi dibawah ini untuk berjaga-jaga.

Beberapa aplikasi dibawah ini dapat melacak lokasi, menyalakan alarm, hingga menghapus semua data yang ada di dalamnya secara otomatis.

 

1. Mobile Security – McAfee

Mobile Security - McAfee

Aplikasi Mobile Securuty – McAfee ini memiliki fitur anti maling sama seperti aplikasi-aplikasi lainnya yang akan kita bahas. Aplikasi Mobile Securuty – McAfee ini bahkan sering mendapatkan penghargaan berkat fitur-fitur unggulannya.

Selain fitur anti maling, aplikasi ini juga menyediakan antivirus dan fitur backup and restore. Anda dapat mencoba aplikasi McAfee ini secara gratis selama 7 hari dan kemudian membayar biaya langganannya sebesar $30 atau sekitar  Rp.420.000 pertahun.

 

2. Google Find My Device

Google Find My Device

 

Tentunya nama ini pastinya tidak asing, ya Aplikasi Google Find My Device memang dikeluarkan oleh developer Google. Aplikasi ini akan melakukan sinkronisasi dengan Google Maps.

Sehingga Anda bisa melacak posisi HP dimana pun dan kapan pun kamu mau. Aplikasi ini memiliki syarat, yakni GPS pada HP kamu harus tetap aktif ya guys. Artinya HP kamu (yang hilang) harus selalu terkoneksi dengan internet.

Sinkronisasi dengan Google Maps, tentunya Google Find My Device bisa dikatakan cukup akurat dalam menunjukan lokasi. Tidak cukup sampai disitu, Google Find My Device juga akan menimbulkan suara yang nyaring walaupun Handphone kamu dengan dalam mode senyap.

Selain itu, Google juga memberikan perlindungan dari segi aplikasi dan file yang berada di HP kamu dengan cara menguncinya ataupun menghapusnya.

 

3. Kaspersky Mobile Security

Kaspersky Mobile Security

 

Selanjutnya yakni ada Aplikasi Kaspersky Mobile Security. Jika Handphone kamu memiliki begitu banyak file yang bersifat probadi maka aplikasi ini sangat cocok untuk kamu gunakan.

Sebab, pada aplikasi Kaspersky Mobile Security ini memiliki fitur anti-theft (anti pencurian) yang cukup lengkap. Dengan adanya aplikasi ini di Handphone kamu, kamu bisa menyalakan alarm jarak jauh. Nah, dengan adanya alarm tersebut kamu bisa mengaktifkannya dan akan berbunyi sangat keras ketika ada orang yang mencuri HP kamu.

Kemudian setelah itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan system lock dan locate. Dengan demikian, kamu bisa mengunci HP kamu dari jarak jauh, Sehingga tidak sembarangan orang bisa membuka HP kamu untuk mematikan alarm yang tadi sempat kamu nyalakan. Kemudian berkat system locatenya kamu bisa melakukan pencarian dan pelacakan terhadap HP kamu yang hilang.

dan fitur yang paling penting yakni, kamu harus melindungi setiap file yang ada di Handphone kamu. Supaya semua file di Handphone kamu tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Untuk itu, dengan Kaspersky Mobile Security ini kamu bisa menghapus file kamu dari jarak jauh. Nah dengan demikian orang lain tidak dapat melihat ataupun menyebarkan file yang sifatnya pribadi.

 

4. Prey Anti-Theft

Prey Anti-Theft

Sama seperti aplikasi yang kita bahas di atas, Prey Anti-Theft tentunya harus kamu instal sebelum handphone kamu hilang.

Dengan demikian, kamu hanya perlu mengirim SMS berisi “GO PREY” ke handpone kamu yang hilang tersebut untuk mengaktifkannya.

Kemudian, seteleh itu kamu harus masuk ke Control Panel lewat Web untuk menandai bahwa handphone kamu telah hilang. Dengan begitu aplikasi ini kemudian akan memberi tahu kamu di mana lokasi dari smartphone kamu berada.

Uniknya, aplikasi Prey Anti-Theft ini akan tersembunyi di handphone kamu dan hanya bisa di-uninstall dengan menggunakan password.

 

5. Lookout Security & Antivirus

Lookout Security & Antivirus

 

Tidak beda jauh dengan Google Find My Device, aplikasi Lookout Security & Antivirus kamu bisa menemukan handphone kamu yang hilang melalui Google Maps.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa membunyikan alarm meski dalam mode senyap serta mengunci handphone kamu tersebut secara remote.

Dan ketika handphone kamu mulai kehabisan baterai, maka aplikasi ini akan mengirimkan lokasi terakhirnya sebelum handphone yang hilang tersebut mati kehabisan baterai. Aplikasi ini juga memiliki fitur backup and restore yang bisa kamu akses melalui situs resminya.

 

6. Avast

Avast

Aplikasi yang keenam yakni Avast. Aplikasi ini juga secara tersembunyi memiliki fitur anti-theft di dalamnya. Fitur unggulnya kamu bisa memotret sang pelaku pencurian handphone kamu.

Setelah memotret pelakunya, melalui aplikasi ini juga kamu bisa langsung mengetahui lokasi smartphone kamu yang hilang.

Yang lebih menarik, kamu tidak perlu khawatir jika handphone kamu sudah diganti kartu SIM-nya. Karena dengan aplikasi Avast, kamu masih bisa melacak lokasi handphone meski pun kartu SIM diganti.

Kemudian, untuk menjaga privasi data-data pribadi yang ada di handphone kamu, maka Avast telah menyediakan fitur untuk mengunci setiap aplikasi dan file. Hal tersebut cukup membantu agar tidak sembarang orang mengakses aplikasi serta data pribadi kamu.

 

7. Norton

Norton

Aplikasi ini dapat memberikan perlindungan total terhadap smartphone atau tablet Android kamu yang hilang. Versi gratisnya dapat melacak keberadaan smartphone tersebut sedangkan versi Pro dapat membunyikan alarm dengan sangat keras.

Dengan aplikasi Norton ini Anda juga dapat mengunci smartphone secara otomatis ketika kartu SIM yang ada di dalamnya dilepas atau diganti. Kamu juga dapat embackup data yang ada di dalamnya untuk kemudian di-restore di kemudian hari.

 

8. Anti Theft Mobile Tracker

Anti Theft Mobile Tracker

Aplikasi lainnya yang kami rekomendasikan adalah Anti Theft Mobile Tracker. Kalau aplikasi ini menyatakan bahwa kamu tidak perlu koneksi internet untuk mengetahui lokasi HP yang dicuri.

Lalu, kamu juga bisa mengontrol HP yang dicuri dari jarak jauh dengan mengunci aplikasi dan data-data tertentu dari HP. Bagusnya lagi, aplikasi Anti Theft Mobile Tracker ini punya klaim bahwa mereka tidak mencuri data apapun dari penggunanya.

 

9. Anti Theft Security

Anti Theft Security

Selanjutnya ada aplikasi Anti Theft Security. Sama seperti aplikasi lainnya, Anti Theft Security juga bisa mengamankan dan menentukan lokasi terkini dari HP yang dicuri.

Tapi, sebelum kamu mencari lokasinya sebaiknya kamu daftarkan dan setting dulu aplikasinya di HP kamu, ya. Nah, cara mngaktifkannya mudah karena kamu cukup install aplikasinya lalu masukan nomor HP, IMEI, dan kode keamanan.

 

10. Find My Phone

Find My Phone

Yang terakhir, tapi bukan yang terburuk. Jika HP Android kamu hilang? Tenang saja, kamu cukup install aplikasi Find My Phone di HP kamu dan aktifkan aplikasinya. Untuk mengaktifkannya, kamu bisa masuk dengan menggunakan akun Gmail. Nah, setelah kamu mengaktifkan aplikasinya ini maka secara otomatis akan mengatur jika HP kamu yang diambil oleh orang lain.

Misalnya, ketika HP kamu dicuri maka aplikasinya akan langsung mengirim lokasi terkini, IMEI HP kamu, dan juga kapasitas baterai saat ini.

Lalu, secara otomatis juga aplikasinya akan mengirimkan lokasi HP kamu melalui SMS ke kontak-kontak yang kamu miliki. Bahkan, ada juga fitur alarm yang akan berbunyi secara otomatis ketika HP kamu dicuri.


Sumber: berbagai sumber

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini