oleh

Lauk Legendaris Ini Banyak Dijumpai, Tapi Sangat Berbahaya Bagi Penderita Penyakit Ini

TOPKLIKNEWS.COM – Salah satu lauk paling legindaris ini banyak digemari masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Jawa. Yah, tempe menjadi favorit lauk masyarakat meski banyak jenis lauk lain yang tersedia.

Bahkan bagi kebanyakan masyarakat Jawa, meskipun sudah menyediakan lauk lain saat makan, namun tetap tak ketinggalan hasil olahan kedelai ini berada dalam hidangan.

Tempe tak hanya untuk lauk, namun juga untuk cemilan ringan. Bahkan saat ini banyak tersedia di penjual gorengan. Tak hanya itu, tempe juga diolah menjadi keripik dan tersedia di toko oleholeh maupun toko kelontong.

Nah, selain terbilang murah dan mudah diolah, tempe juga kaya akan gizi ya guys. Akan tetapi, tahu gak bahwa tempe bisa juga loh jadi berbahaya yang jika kita konsumsinya dan kita memiliki beberapa penyakit ini.

Yang pertama, tempe akan berbahaya bagi penderita penyakit asam urat guys, tahu gak kenapa? Yups, karena tempe yang berasal dari kacang kedelai ini mengandung kandungan purin. Dan purin merupakan salah satu kandungan makanan yang haruslah dihindari bagi penderita asam urat ini.

Orang yang memiliki penyakit purin ini hanya diperbolehkan mengkonsumsi makanan yang mengandung purin ini sekitar 100-150 mg saja perharinya. Dan di kacang kedelai pada tempe mengandung purin sedang yakni 9-100 mg.

Terlebih, jika tempe ini diolah dengan tambahan garam maka kandungan purin pada makanan tersebut bakal menjadi lebih tinggi. Jika dikonsumsi terus menerus dan dalam jumlah yang banyak, hal itu tentunya bakal berdampak memperburuk bagi penderita asam urat.

Sedangkan yang kedua adalah penderita anemia, diketahui bahwa tempe ini memang memiliki kadar kolori yang rendah. Sehingga banyak yang percaya dengan memakan tempe kita mampu mengendalikan kadar kolesterol dalam darah kita serta dengan konsumsi tempe ini juga bisa menstabilkan tekanan darah tinggi.

Akan tetapi, tahu kah kamu?  Jika terlalu sering mengkonsumsi secara berlebihan, tempe ini akan menyebabkan terhambatnya penyerapan zat besi dalam tubuh kita.

Dan jika penyerapan zat besi kita terhambat, maka kita akan mengalami anemia atau kurang darah. Pastinya penyakit ini tidak akan terasa nyaman karena pusing maupun lemas. Nah apalagi jika dikonsumsi penderita anemia bukan? Malahan dengan mengkonsumsi ini justru akan semakin berbahaya bagi kesehatan.

Kemudian, usahakan mengolah tempe terlebih dahulu sebelum dimakan ya guys. (berbagai sumber)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini