oleh

Keren! Ternyata Deretan Ponsel Ini Produk Asli Indonesia, Pernah Menggunakan?

TOPKLIKNEWS.COM – Tak bisa dipungkiri, saat ini handphone menjadi salah satu kebutuhan primer bagi sebagian orang. Fungsi handphone sendiri tak hanya sekedar sebagai alat komunikasi, namun berkembang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Bahkan pengguna juga selalu mengikuti tren perkembangan teknologi smartphone demi kenyamanan pemakaian. Saat ini di negara kita dibanjiri produk smartphone dari Korea Selatan dan China.

Misalnya Samsung (Korea Selatan), Xiaomi dan Vivo (China). Ditengah banjir produk smartphone dari luar negeri, ternyata produk-produk dalam negeri juga sempat eksis. Diantaranya Advan, Mito, Smartfreen hingga Evercoss.

Simak ini deretan merek handphone produksi dalam negeri

  • Advan Barca i5A

Hingga saat ini perusahaan yang didirikan 2007 lalu masih konsisten mengeluarkan produk, bahkan penjualannya masuk dalam 10 besar. Bisa dikatakan Advan merupakan salah satu handphone terbaik buatan dalam negeri.

Produk terbaiknya yakni Advan Barca i5A. Hp ini memiliki keunggulan spesifikasi kartu Dual SIM. Tipe layar Advan ini IPS LCD capacitive touchscreen, dengan 16M colors. Untuk ukuran layar sebesar 5.0 inches, 720 x 1280 pixels (294 ppi pixel density).

Sehingga layar Hp ini akan terlihat jernih. Desain interface-nya pun dengan frame cantik dan lapisan kaca 2.5D. Hp ini mempunyai Ram 2 GB dan processor 64-Bit berkecepatan Quad Core 1.0 Ghz.

Kameranya dengan beresolusi 13 MP dengan fitur autofocus dan lampu LED Flash. Kemudian pada kamera depan dilengkapi lensa 5 Megapixel. Sistem operasi dengan Android Lollipop 5.1 pun menambah menariknya Hp ini.

Kekuatannya pun Ram 2 GB dan processor 64-Bit yang ada didalamnya. Namun sayangnya, baterai Hp ini hanya berdaya 2.200 mah. Harga Advan ini pun dibanderol Rp 1.999.000.

  • Mito Mobile A95

Mito Mobile sempat menyandang prestasi bagus seperti The Most Favourite, Best Seller Mobile hingga The Most Innovative Phone. Mito Mobile juga menjadi partner beberapa operator telekomunikasi yang ada di Indonesia.

Brand yang ada sejak 2006 lalu ini merupakan perusahaan ponsel terbesar ke-3 (top vendor) yang pertama dan tertua di Indonesia. Perusahaan telekomunikasi lokal ini berlokasi di Jakarta sebagai pabrikan dan juga kantor pusatnya.

Bahkan Mito juga berhasil mendapat kepercayaan dari Google sebagai perusahaan yang memiliki ide dalam mengusung Android One dengan 2 perusahaan lainnya, yaitu Nexian dan Evercoss.

Mito A95 yang mempunyai spesifikasi baik dengan layar 5 inchi berkualitas HD kemudian prosessor Quad Core 1,2 Ghz kemudian menggunakan sistem operasi Android Jelly Bean dengan kamera 8 MP dan dilengkapi kamera depan 1.3 MP. Mito A95 ini dipatok pada Rp 2.300.000.

Selain ponsel, Mito juga mengeluarkan jenis tablet dan smartwatch. Tipe ponsel pintar yang dikeluarkan cukup banyak dengan harga pasaran terjangkau.

  • Nexian Cappuccino NX-G869

Nexian meraih prestasi antara 2006 hingga 2010 lalu, prestasi terbesarnya yakni dinobatkan sebagai pelopor ponsel lokal The Most Favourite Local Brand. Produk ponselnya digunakan sekitar 8 juta orang.

Saat ini Nexian sudah diakuisisi perusahaan Spice Group. Sehingga sangat sedikit ditemui produk HP Nexian. Nexian Cappuccino NX-G869 menjadi produk unggulan Nexian.

Nexian tipe ini memiliki fitur dual GSM di jaringan 900/1800 Mhz dengan koneksi berupa GPRS/EDGE, berfitur WiFi, dan Layar LCD WQVGA berukuran 3,2 inci, serta kamera 2 MP.

Hp ini juga memiliki fitur Video Player, Bluetooth, Java Support, FM Radio, Audio Player, dan External Memory Support. Selain itu, ada beberapa fitur yang sudah terinstal yaitu Google Search, Nexian Zone, Opera Mini, Nexian Messenger, Twitter dan Facebook dan Opera Mini. Handphone ini dibanderol dengan harga Rp 699.000.

  • Evercoss 802 Elevate Y2

Evercoss merupakan perusahaan elektronik yang didirikan 2008 di Jakarta. Sebelumnya merek ini bernama Cross Mobile, lalu mengalami perubahan nama dan logo. Selain produk smartphone, Evercoss juga mengeluarkan tipe tablet.

Saat ini, teknologi yang disematkan pada setiap tipe terbaru juga tidak kalah canggih. Handphone Evercoss sudah menggunakan 4G, fitu face unclock, fingerprint, dual camera, hot knot support, USB OTG support dan masih banyak lagi.

Meski asli Indonesia, beberapa sumber menyatakan bahwa kebanyakan ponsel ini dirakit di China dengan teknologi asal Jerman. Sehingga bisa dikatakan ponsel ini asli Indonesia keturunan China

.

Pada 2014, perusahaan ini mendirikan pabriknya di Semarang yang fungsinya sebagai distributor lokal sekaligus mengekspor ke luar negeri. Pabrik tersebut berkapasitas produksi 500.000 hingga 600.000 unit dan dapat membuka lapangan kerja sampai 1.000 orang. Angka penjualan produk ini sekitar 1,5 juta unit perbulannya.

A80A Elevate Y2 sudah memiliki prosesor Octa Core yang memiliki performa lebih baik dari Hp Evercoss lainnya. RAM berukuran 512 MB hingga 1 GB dimiliki Hp Evercoss dengan banderol harga dibawah 1 jutaan rupiah.

  • Polytron Prime 5

Masyarakat Indonesia sangat familiar dengan brand Polytron, terutama produk elektronik rumah tangga. Produk Polytron yang banyak dikenal berupa TV, kulkas, AC, mesin cuci, freezer dan masih banyak lagi produk lainnya.

Polytron sudah ada sejak 1976 yang dimiliki konglomerat Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono. Selain itu, Polytron juga memiliki beberapa anak perusahaan salah satunya PT Toshiba Asia Pasific Indonesia.

Perusahaan elektronik yang memiliki pabrik besar di Kudus ini ternyata juga mengembangkan ponsel. Produk terbaik yang dihasilkan salah satunya adalah Polytron Prime 5 dengan harga yang cukup premium. Polytron Prime 5 ini memiliki layar 5.0 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel.

Ponsel ini memiliki memori internal 32 GB dan RAM 2 GB, kemudian Hp ini berjalan dengan prosesor Quad Core 1.5 GHz, di bagian kamera utama disematkan lensa 12 MP dan bagian depan 5 MP. Ponsel ini dibandrol dengan harga Rp 2.999.000.

  • Smartfren Andromax

Andromax merupakan divisi smartphone dari PT Smartfren Telecom Tbk. Ada banyak tipe Andromax yang telah dipasarkan. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dengan dukungan spesifikasi terbaik.

Sayangnya, Smartfren telah menutup produk HP Andromax pada tahun 2019 untuk strategi bisnis. Saat ini Smartfren lebih focus pada pelayanan telekomunikasi. Sehingga, untuk di pasaran hanya bisa ditemui HP second dari produk Andromax.

Masih banyak lagi ponsel pabrikan Indonesia yang cukup dikenal beberapa tahun lalu, diantaranya Zyrex, SPC, IMO, Axioo, HiMax, Maxtron Mobile dan Digicoop. Persaingan pasar yang begitu sengit membuat produk-produk ini susah berkembang. (berbagai sumber/azm)

Artikel ini sudah terbit di onekliknews.com dengan judul Tak Disangka! Deretan Handphone Ini Ternyata Bikinan Dalam Negeri, Harga Terjangkau

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini