oleh

Miliki Uang Rupiah Seperti Ini Bisa Kaya Mendadak, Dihargai Hingga Ratusan Juta

TOPKLIKNEWS.COM – Barang-barang lama dan usang sering disingkirkan atau bahkan dibuang karena dianggap tak berharga lagi. Namun jangan buru-buru membuang mata uang rupiah lama, karena uang tersebut bisa bikin kamu jadi jutawan.

Ya, banyak kolektor barang memburu mata uang rupiah berbagai pecahan dan bersedia membelinya dengan harga selangit. Bahkan harga uang koin tertinggi di marketplace bisa mencapai Rp 10 miliar.

Uang koin berharga Rp 100 juta

Uang koin rupiah berbagai pecahan bernilai jual tinggi.

Uang koin Rp 25 berwarna perak yang bergambar buah pala bisa dihargai hingga Rp 100 juta.

Tak hanya itu uang koin Rp 50 keluaran tahun 1971 bergambar burung cenderawasih, uang koin Rp 100 bergambar rumah gadang dan wayang keluaran 1978 dan uang koin pecahan Rp 1.000 bergambar kelapa sawit keluaran 1992 dijual dengan harga kisaran Rp 100 juta.

Uang koin berharga Rp 10 miliar

Uang koin Rp 500

Uang koin Rp 500 bergambar bunga melati yang berwarna kuning keluaran tahun 1991 sempat menghebohkan masyarakat. Pasalnya ada banyak orang yang percaya bahwa warna kuning pada koin tersebut berasal dari emas asli.

Uang koin ini dinilai sebagai barang langka dan dijual dengan harga Rp 50 juta hingga Rp 10 miliar di marketplace.

Banyak masyarakat yang membuat cincin dari uang 500 perak. Namun melalui aku Twitter-nya, Bank Indonesia menyatakan kabar uang 500 perak yang mengandung emas hanyalah hoaks semata.

Bank Indonesia belum menarik uang 500 perak emisi 1991 dari peredaran, sehingga nilainya masih sama dengan uang 500 perak lainnya.

Uang kertas kuno dihargai Rp 50 juta

Uang pecahan Rp 500.

Di sebuah toko online, enam lembar uang kertas Rp 500 dibanderol seharga Rp 50 juta. Uang bergambar orang utan dan rumah adat tersebut memang sudah tidak diedarkan lagi. Uang kertas ini termasuk sudah langka sehingga dijual dengan harga selangit.

Tak hanya uang 500 perak, uang kertas pecahan Rp 10 ribu juga menjadi buruan kolektor. Uang bergambar Sri Sultan Hamengku Buwono IX itu bisa dijual hingga seharga Rp 700 ribu perlembarnya.

Uang keluaran tahun 1992 ini terlihat masih bagus dan diakui oleh PMG. PMG merupakan lembaga sertifikasi uang kertas internasional yang menentukan keaslian dan kualitas kertas uang.

Berikut ciri-ciri uang berharga mahal

Namun tak semua uang pecahan tersebut memiliki nilai jual selangit. Uang yang akan dijual ini haruslah dalam kondisi yang terlihat baru, tidak lecet atau pun terlipat.

Selain itu menurut Ketua Masyarakat Numimastik Boy George Rahman, salah satu ciri uang kertas berharga mahal adalah yang memiliki nomor seri cantik. Nomor seri tersebut biasanya tergolong langka dan sulit untuk ditemukan.

Menurut Boy, uang seri AAA22 bisa dijual seharga Rp 15 juta perlembar. Kolektor lain bernama Bahar menyebut biasanya uang bisa disebut bernomor seri cantik jika memiliki tiga kode huruf yang sama, misalnya AAA.

Ciri lain adalah ada angka kembar pada uang tersebut seperti 111111. Semakin banyak angka kembar, maka harganya semakin mahal. Bahar mengaku dirinya kesulitan mencari uang bernomor seri cantik semacam itu.

Jika ada yang memilikinya, ia berani membeli dengan harga Rp 10 juta perlembar. Selain itu, para kolektor juga mencari uang kertas langka edisi khusus seperti Gulden Seri JP Coen dan Gulden Seri Wayang. Dua seri tersebut adalah uang kertas paling mahal di Indonesia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini