oleh

Menjaga Pernikahan Hingga Ajal Menjemput, Ini 5 Trik Agar Tetap Harmonis

TOPKLIKNEWS.COM – Menjaga pernikahan dan membuat keharmonisan rumah tangga gampang-gampang susah. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi perjalanan maghligai perkawinan.

Setiap insan yang sudah terikat janji suci ini tentu akan mempertahankan hubungannya hingga ajal menjemput. Namun terkadang hal-hal sepele bisa memicu perpisahan pasangan.

Lima trik ini dinilai sangat ampuh untuk menjaga keharmonisan rumah tangga meskipun usia perkawinan tak muda lagi. Silahkan coba ya agar kehidupan perkawinan semakin harmonis.

1. Tingkatkan komunikasi dengan pasangan

Seberapa baik komunikasi antara Anda dan pasangan sangat berpengaruh pada kehidupan berumah tangga. Komunikasi antar keduanya harus terus berjalan sesibuk apapun pasangan.

Jangan sampai pasangan Anda terbiasa tanpa kabar dari Anda, karena nantinya akan menjadi terbiasa tanpa Anda. Bila kondisinya sudah seperti itu, maka hubungan pasangan ini sudah sangat jauh

Komunikasikan segala sesuatu dengan pasangan, termasuk hal-hal kecil seperti aktivitas sehari-hari dan menu makanan. Bila komunikasi berjalan baik, maka hubungan rumah tangga dipastikan hangat.

Terlebih saat ini banyak alat komunikasi canggih, komunikasi bisa dilakukan baik melalui telepon maupun video call. Cara ini bisa menggantikan jarak atau kesibukan antara pasangan.

2. Hindari kekerasan fisik

Tidak peduli seberapa keras kamu bertengkar dengan pasagan, hindari kekerasan dan jangan sampai menganiaya pasangan kamu secara fisik. Selain melukai pasangan kamu secara fisik dan psikologis, kekerasan fisik dapat membawa kamu ke penjara.

Saat bertengkar cobalah tenangkan diri sejenak dengan menarik nafas dan hembuskan secara perlahan. Atau kamu bisa mengalihkannya dengan menonton video lucu di YouTube atau melakukan aktivitas positif lainnya seperti fitnes, mencuci kendaraan, atau mengajak anak bermain sepeda di halaman.

Aktivitas apa pun yang kamu lakukan, beri tahu pasanganmu bahwa kamu sedang menenangkan diri untuk menghindari pertengkaran yang lebih besar. Setelah kondisi menjadi dingin dan bisa berpikir logis bisa menyelesaikan permasalahan dengan pasangan dengan cara yang baik.

3. Buatlah keputusan yang matang

Jika dihadapkan pada situasi yang sulit, buatlah keputusan yang tepat. Kamu jangan terburu-buru atau menuruti emosimu. Timbanglah dulu segala keputusan secara cermat, baik buruknya dan untung ruginya.

Setelah menimbang, ambilah keputusan yang membuatmu untung dan baik. Sehingga keputusan itu nantinya tidak akan memberatkanmu atau pasanganmu.

4. Bersyukurlah

Bersyukurlah untuk pasangan, karena masih banyak orang yang kesulitan mencari suami atau istri. Dengan rasa syukur juga menerima kelebihan dan kekurangan pasangan.

Misalnya, jika suamimu mendengkur dalam tidurnya, bersyukurlah dia masih berada di kamar yang sama denganmu. Itu lebih baik daripada dia tidur di tempat lain atau di rumah orang lain.

Contoh lain, jika penghasilan suami tidak banyak, bersyukurlah. Dengan begitu, kamu tidak akan mengomel atau berlutut di depan suamimu. Ingatlah, setiap rejeki yang kamu syukuri akan bertambah dengan cara yang tidak kamu duga.

Mengenai ekonomi, syukur adalah kunci kebahagiaan rumah tangga. Bahkan, banyak orang yang lupa melakukan hal ini sehingga mereka bercerai karena alasan ekonomi.

5. Saling menghargai

Rumah tangga menyatukan dua karakteristik yang berbeda. Jadi, agar perbedaan ini menjadi kekuatan, kamu harus menghormati pasangan.

Contohnya, istrimu suka hal-hal yang berkelas, sedangkan kamu suka hidup sederhana apa adanya. Hargai saja sifat istrimu dan katakan bahwa kamu belum mampu membeli barang-barang tersebut.

Dengan rasa hormat, istrimu akan merasa kurang tertekan dan mungkin mengubah karakternya karena dia juga menghormatimu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini