oleh

Mengenal Koin Digital Terpopuler Saat Ini Selain Bitcoin, Transaksi di Indonesia Fantastis

JAKARTA, www.topkliknews.com – Koin digital atau cryptocurrency menjadi investasi paling menarik di era digital sekarang ini. Bahkan deretan orang terkaya di dunia juga ikut berinvestasi digital ini.

Mengenal kripto, perhatian banyak orang langsung tertuju pada Bitcoin. Nama Bitcoin saat ini dinilai paling popular dan menjanjikan dalam investasi digital. Terlebih belakangan ini terjadi kenaikan harga yang signifikan Bitcoin.

Kenaikan aset kripto tersebut setelah masuknya perusahaan besar Tesla yang dimiliki orang terkaya di dunia Elon Musk. Bahkan perusahaan tersebut juga membolehkan pembelian mobil listrik dengan kripto.

Tak hayal, semakin banyak investor berbondong-bondong berinvestasi di aset kripto. Namun investor harus tetap berhati-hati memilih produk aset kripto yang berkualitas dan agen yang kredibel.

Investasi ini sangat diterima di Indonesia, buktinya nilai transaksi aset kripto cukup fantastis. Berdasarkan data CoinMarketCap, volume transaksi Indondax mencapai US$ 166,62 juta (Rp 2,41 triliun) dalam sehari dari 4 perusahaan yang cukup aktif melakukan transaksi.

Namun koin maya ini bukan hanya Bitcoin, ada beberapa kripto yang cukup popular di dunia saat ini. Mau mengenal lebih dekat dengan lima jenis cryptocurrency selain Bitcoin? Yuk simak ini!

  • Ethereum

Selain Bitcoin, cryptocurrency paling popular saat ini yakni Ether. Koin digital ini ditransaksikan di platform perangkat lunak terdesentralisasi bernama Ethereum.

Miliuner cryptocurrency Mike Novagratz memprediksi Ethereum akan mengalahkan Bitcoin dan menjadi masa depan uang kripto.

Ether diluncurkan pada 2015 lalu dan saat ini merupakan mata uang digital terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar setelah Bitcoin. Kapitalisasi pasar Ether kira-kira 19 persen dari kapitalisasi Bitcoin pada Januari 2021 lalu.

Ethereum memungkinkan Kontrak Cerdas dan Aplikasi Terdesentralisasi (DApps) untuk dibangun dan dijalankan tanpa waktu henti, penipuan, kontrol, atau campur tangan dari pihak ketiga.

Tujuan di balik Ethereum yakni untuk menciptakan rangkaian produk keuangan terdesentralisasi yang dapat diakses siapapun di dunia secara gratis, terlepas dari kebangsaan, etnis, atau keyakinan.

  • Cardano

Cardano merupakan campur tangan salah satu dari lima pendiri awal Ethereum, Charles Hoskinson. Menurut Investopedia, ia meninggalkan Ethereum dan ikut membantu menciptakan Cardano setelah menemui ketidaksepahaman dengan pendiri Ethereum yang lain.

Cardano adalah mata uang kripto “bukti kepemilikan Ouroboros” yang dibuat dengan pendekatan berbasis penelitian dari para insinyur, ahli matematika serta pakar kriptografi.

Pada Januari 2021 lalu, Cardano memiliki kapitalisasi pasar sebesar 9,8 miliar dollar AS dan satu koinnya yang disebut ADA diperdagangkan seharga 0,31 dollar AS.

  • Litecoin

Litecoin merupakan salah satu cryptocurrency pertama yang mengikuti jejak Bitcoin. Bahkan Litecoin mendapat julukan ‘peraknya’ emas Bitcoin. Koin digital ini dibuat lulusan MIT dan mantan insinyur Google, Charlie Lee.

Diluncurkan pada 2011, Litecoin didasarkan pada jaringan pembayaran global sumber terbuka yang tidak dikendalikan otoritas pusat manapun dan menggunakan ‘scrypt’ sebagai bukti kerja. Scrypt ini dapat diterjemahkan dengan bantuan CPU kelas konsumen.

Meski mirip Bitcoin dalam banyak hal, Litecoin memiliki tingkat pembuatan blok yang lebih cepat dan menawarkan waktu konfirmasi transaksi yang lebih cepat. Saat ini semakin banyak pedagang (traders) yang menerima Litecoin.

Litecoin memiliki kapitalisasi pasar 10,1 miliar dollar Amerika Serikat (AS) dan nilai pertoken sebesar 153,88 dollar AS pada Januari 2021. Hal ini menjadikannya cryptocurrency terbesar keenam di dunia.

  • Bitcoin Cash

Bitcoin Cash (BCH) diciptakan sebagai akibat dari salah satu perpecahan atau percabangan di antara pengembang dan penambang (miners) koin digital pada Agustus 2017 lalu.

BCH memiliki kapitalisasi pasar sebesar 8,9 miliar dollar AS dan nilai pertoken sebesar 513,45 dollar pada Januari 2021.

  • Polkadot

Sama halnya dengan Cardano, Polkadot dibuat anggota lain dari pendiri inti proyek Ethereum, Gavin Wood yang memiliki perbedaan pendapat tentang masa depan proyek.

Polkadot memiliki kapitalisasi pasar 11,2 miliar dollar AS dan satu DOT (koinnya) diperdagangkan seharga 12,54 dollar AS pada Januari 2021.

Polkadot adalah cryptocurrency bukti kepemilikan unik. Protokolnya dirancang untuk menghubungkan blockchain yang diizinkan dan tanpa izin serta oracle (jaringan link) untuk memungkinkan sistem bekerja bersama di bawah satu atap.

Perbedaan sistem ini dengan Ethereum, Polkadot memungkinkan pengembang membuat blockchain mereka sendiri sambil juga menggunakan keamanan yang sudah dimiliki rantai Polkadot.

Itulah koin digital paling popular saat ini. Tetap berhati-hati dalam investasi agar uang yang ditanamkan tak hilang. (Berbagai Sumber/azm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini